Selamat Datang Di Anak Jadul Ingin Pintar (AJIP)

Belajar C++ Part 1

Selasa, 27 Desember 20112komentar

C++ (dibaca sebagai 'see plus plus": aslinya dikenal sebagai: C with Classes) adalah sualu bahasa pemrograman komputer yang telah diperluas dengan kemampuan object oriented. Sejak 1990. C++ merupakan bahasa pemrograman komersil yang paling populer.

History of C++
Stroustrup mulai bekerja dengan bahasa ini pada tahun 1979. diinspirasi oleh Simula67. AT&T pertama kali menggunakan bahasa tersebut pada Agustus 1983. Compiler aslinya adalah C front. Dikomersialisasikan pertama kali pada bulan Oktober. Suatu gabungan komite standarisasi C++ ANSI-ISO. pada tahun 1998 (ISO/IEC I4882-I99&).
ANSI standard adalah suatu usaha untuk memastikan bahwa C++ adalah portable— dimana kode yang anda tulis pada Microsoft compiler akan dapat dikompilasi tanpa kesalahan dengan menggunakan kompiler dari vendor lain pada plarform yang berbeda seperti Mac. Window dan Alpha.

Technical Overview
Pada tahun 1998 C++ Standard terdiri dari dua bagian yaitu: Core Language dan Standard Library: yang meliputi Standard Template Library dan C Standard Library.

History of the Name "C++"
Nama ini bemula dari Rick Mascitti (pertengahan tahun 1983) dan pertama kali digunakan pada Desember 1983. Awalnya, sejak periode riset. disebut sebagai "C with Classes'. Nama akhimya diambil dari Cs"++" operator (yang berarti menambah nilai dari suatu variabel) dan suatu komvensi penamaan umum menggunakan"+" untuk menunjukan Pengembangan program komputer, misalnya "dBase3+".

Ownership of C++
Tidak ada yang memiliki C++. Stroustrup dan AT&T tidak menerima royalti dari pemakaian C++.

C++ Examples
Contoh 1
Berikut ini adalah sebuah contoh dari program dimana tidak melakukan apa-apa. Terdiri dari satu hal yaitu: sebuah main ( ) fungsi.main ( ) merupakan awal dari program C++.

void  main ( )
{
 Return 0;
}


Standard C++ membutuhkan main ( ) mengembalikan type int, dalam hal ini 0 artinya program berokhir normal.

Example 2
Berikui ini adalah contoh dari program Hello world
#include   <iostream.h>   //   needed  for  cout
void  main ( )  
{
    cout  << "Hello  World   ! \n”;
    return  0;
}

C++ Library
[[C++standard library]] umumnya berupa superset dari C standard library. Sebagian besor bagian dari library  C++ adalah terdiri dari Standard Template Library (STL). STL menyediakan fasilitas berguna seperti iterators (merupakan high-level dari pointer) dan containers (menyerupai array yang dapat bertumbuh secara otomatis pada saat penambahan elemen baru). Sebagaimana dalam C. Fasilitas dari library' dapat diakses dengan menggunakan direktif (include untuk memasukan suatu standard header. C++ menyediakan enam puluh sembilan header standard.
C++ merupakon superset dari C artinya semua program C yang legal juga merupakan program C++ yang legal perkembangon dari C ke C++ adalah sangat nyata. C++ memetik banyak keuntungan dari hubungonnya dengan C. dimana programmer C dapat dengan mudah menggunakan C++. Untuk dapat menggunakan keunggulon C++, banyak programmer menemukan bahwa mereka tidak perlu mempelajari hal-hal yang mendasar. tetapi cukup mengembangkan diri dengan mempelajari konsep baru (OOP) dalam pemecahan masalah pemrograman

Future Development
C++ terus berevolusi untuk memenuhi kebutuhan masa depan. ketika pembuat-pembuat compiler masih berjuang untuk mendukung semua fasilitas C++, situasi tersebut berkembang persisnya dari tahun 1998 sampai 2003.

Struktur Program C++
Contoh :
// my first program in C++
#include <iostream.h>
  void main ( )
     cout << "Hello World!";
     return 0;
  }

Penjelasan Program :
// my first program in C++
Merupakan Baris Komentar yang tidak dieksekusi oleh compiler, biasanya diawali dengan tanda “//” atau dapat juga diawali dg tanda   “ /* “ dan diakhiri dg tanda “ */ “.
   C:\   /*  MY first
               Program in
                C++
          */




Perbedaan antara tanda // dan tanda “ /* “   “ */ “ :
//                     è Untuk komentar yang terdiri dari satu baris
“ /* “   “ */ “  è Untuk komentar yang terdiri dari lebih dari satu baris

#include <iostream.h>
Adalah baris yg menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file lain (mis : iostream.h) saat program dikompilasi. File yg berakhiran .h disebut file header,yaitu file-file yang berisi berbagai deklarasi,spt fungsi, var,dll.
Contoh lain file header: 
  • stdio.h,
  • conio.h
  • ,math.h,dll

Fungsi-fungsi Penting yg terdpt pd
¡  iostream.h è cout, cin,dll
¡  stdio.h è printf, scanf,dll
¡  conio.h è clrscr( ), getch( ),dll
¡  math.h è sin, cos, tan, dll
¡  dll

void main ( )
Fungsi Utama. Disebut juga dg fungsi main. Yaitu suatu fungsi dimana c++ akan memulai menjalankan kompilasinya.
Setiap program C++ selalu terdapat fungsi-fungsi, dan fungsi minimal yg hrs ada adl fungsi main( ).

cout << "Hello World";
Cout Merupakan perintah yang esensial dlm c++, yg fungsinya utk memberi output ke layar monitor.

return 0;
Karena main merupakan fungsi, maka main, dan setiap fungsi harus mengembalikan nilai, maka main menggunakan perintah return 0, yang tidak mengembalikan nilai apa-apa.
perintah ini merupakan tanda bahwa eksekusi program selesai. Perintah ini dapat disertakan atau tidak disertakan dalam program.

Dua Cara penulisan Code Program dalam C++
Cara Pertama
// my second program in C++
#include <iostream.h>
void main ()
   cout << "Hello World! ";
   return 0;
 }

Cara Kedua
// my second program in C++
#include <iostream.h> void main ( ) {  cout << "Hello World! "; return 0; }

Struktur Umum :
include <iostream.h>
/*
Disini tempat untuk meletakkan header-header lainnya
*/
/*
Disini tempat untuk meletakan variable global dan
Konstanta global dan juga Prototype fungsi
*/
void main ( )
{
/*
Disini tempat untuk meletakkan variable local dan
Konstanta local
*/
/*
disini tempat untuk meletakkan instruksi – instruksi
program c++
*/
}
/*
disini tempat untuk meletakkan penjabaran dari fungsi-fungsi
yang kita buat prototipenya
*/

PENGENALAN C++

1.1 Pendahuluan
C++ adalah sebuah bahasa pemrograman yang memiliki banyak dialek, seperti bahasa orang yang banyak memiliki dialek. Dalam C++, dialek bukan disebabkan oleh karena si pembicara berasal dari Jepang atau Indonesia, melainkan karena bahasa ini memiliki beberapa kompiler yang berbeda. Ada dua kompiler umum yaitu: C++ Borland, C++ Microsoft Visual. Setiap kompiler ini agak berbeda. Setiap kompiler akan dapat menjalankan fungsi fungsi standar C++ ANSI/ISO, tetapi masing masing kompiler juga akan dapat menjalankan fungsi fungsi nonstandard (fungsi fungsi ini, agak mirip dengan ucapan yang tidak standar yang diucapkan orang diberbagai pelosok negeri. Sebagai contoh, di New Orleans kata median disebut neutral ground). Kadang kadang pemakaian fungsi nonstandard akan menimbulkan masalah pada saat anda hendak mengkompilasi kode sumber data (source code) (yaitu program berbahasa C++ yang ditulis oleh seorang programer) mempergunakan kompiler yang berbeda.
C++ merupakan perluasan bahasa C dengan tambahan fasilitas kelas (Class). Dengan fasilitas ini, maka C++ mendukung teknik pemrograman berorientasi objek (object oriented programming). Pengembang aplikasi (application development) dengan C++ dikeluarkan oleh sejumlah vendor, dua diantaranya adalah yang dikeluarkan oleh Microsoft dan Borland.
Program C++ berupa sekumpulan fungsi. Bahkan program utama juga berbentuk fungsi, yaitu fungsi main(). Kode C++ bersifat case sensitive, artinya membedakan antara huruf kapital dengan huruf kecil. Jadi, sintak main() tidak sama dengan Main().
Bahasa C dan C++ merupakan bahasa yang sangat populer dalam dunia pengembangan perangkat lunak. Kedua bahasa ini digolongkan ke dalam bahasa tingkat menengah (middle level language).
Bahasa C++ didasarkan atas bahasa C sehingga kita dapat melakukan kompilasi program-program yang ditulis dalam bahasa C dengan menggunakan compiler C++. Keistimewaan dari bahasa C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman berarah objek atau yang lebih sering dikenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP).
Mengapa perlu Object Oriented Programming (OOP)?
  • Mempermudah programmer menulis program.
  • Mempercepat proses pembuatan program
  • Mempermudah pemeliharaan program
Bahasa C
  • Fleksibel: dapat mengakses/mendekati mesin, namun mudah dimengerti oleh manusia.
  • Portabel: dipakai mulai dari komputer mikro sampai superkomputer.
  • Bahasa yang paling banyak digunakan dalam ilmu komputer, untuk membuat OS, aplikasi, dll.
  • Banyak didukung oleh banyak pustaka (libraries)
Bahasa C++
  • Merupakan pengembangan bahasa C dan diberi kemampuan OOP.
  • C++ merupakan subset dari bahasa C, maka pustaka yang ditulis dalam bahasa C dapat dipergunakan dalam bahasa C++.

1.2  Fungsi main()
Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa yang amat berbeda. Untuk kompiler C++ berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keywords); keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai input dan output. Walau hampir semua fungsi dalam file library tampaknya biasa diakses oleh header filenya. Sebuah program C++ minimal mengandung sebuah fungsi yaitu fungsi main(). Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.

Contoh:
#include<iostream.h>
int main()
{
  cout <<"Selamat menggunakan C++";
}

Atau
#include<iostream.h>
int main()
{
  cout <<"Selamat menggunakan C++";
  return 0;
}

Keterangan:
§  #include adalah sebuah prosesor pengarah yang mengatakan kepada kompiler untukmeletakan kode dari header file iostream.h kedalam program. Dengan menyertakan header file, anda dapat mengakses banyak fungsi fungsi berbeda. Dalam contoh diatas, fungsi cout memerlukan file iostream.h.
§  Main adalah nama judul fungsi.
§  Tanda () digunakan untuk mengapit argumen fungsi yaitu nilai yang akan dilewatkan ke fungsi. Baris ini mengatakan kepada kompiler bahwa ada sebuah fungsi bernama main, yang mana fungsi itu mengembalikan sebuah integer, sehingga diberi tanda int.
§  Tanda { pada fungsi main() menyatakan awal eksekusi program. Adapun } pada fungsi main() menyatakan akhir eksekusi program. Jika anda memakai bahasa Pascal, anda akan mempergunakan perintah BEGIN dan END.
§  Pemakaian fungsi cout dipakai untuk menampilkan text di layar monitor anda.
§  memakai tanda atau symbol <<, yang diketahui sebagai operator pemasukan (insertion operators). Tanda tersebut mengatakan kepada kompiler agar segera menghasilkan output sesuai dengan input anda. Tanda semicolon ditambahkan kedalam bagian akhir dari semua fungsi yang dipanggil dalam bahasa C++; tanda seterusnya memperlihatkan variable yang anda deklarasikan.
§  ”Selamat menggunakan C++“ adalah suatu pernyataan yang diapait oleh tanda petik ganda. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).
§  return 0 maksudnya pada baris ini juga ada kode yang memerintahkan fungsi main kembali ke 0. Pada saat satu kali kembali diproses, itu dilakukan melalui system operasi.

2.3  Baris #include<iostream.h>
#include <iostream.h> Baris tersebut menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file lain (pada contoh diatas yaitu iostream.h) pada saat program dikompilasi. File-file yang berakhiran dengan .h disebut file header yaitu file yang berisi deklarasi.
#include adalah salah satu pengarah praprocessor yang tersedia pada C++.
Bentuk umum #include bisa berupa:
o   #include <namafile>
Mengisyaratkan bahwa pencarian file dilakukan pada direktori khusus (direktori file include yang bisa disetel melalui kompiler).
o   #include “namafile”
Menyatakan bahwa pencarian file (namafile) dilakukan pertama kali pada direktori kerja. Jika namafile tidak ditemukan pada direktori kerja maka akan dicari pada direktori yang tercantum pada variabel lingkungan bernama PATH.

2.4   Kerangka program C++
#include <iostream.h>
//Protopype fungsi
tipe_data nama_fungsi(parameter1,parameter2,..);

//Fungsi utama
void main()
{
  statemen_yang_akan_dilakukan;
  ...
  return 0;
}

//Implementasi fungsi
tipe_data nama_fungsi(parameter1,parameter2,...)
{
  statemen_yang_akan_dilakukan;
  ...
}
2.5  Contoh program C++
Listing 1.1 program masukkan bilangan
#include <iostream.h>
int main()
{
 int x;
//Menampilkan teks untuk informasi
cout <<“Masukkan sebuah bilangan:“;
//Membaca nilai dari keyboard dan menyimpannya ke dalam variabel x
cin >> x;
//Menampilkan nilai yang dimasukkan ke layar
cout << ”Bilangan yang Anda masukkan adalah: ” << x;
return 0;
}

Hasil eksekusi program:

Listing 1.2 program penjumlahan dua buah bilangan
#include <iostream.h>
int main()
{
 int x, y, z;
 cout <<“Masukkan bilangan kesatu:“;
 cin >> x;
 cout <<“Masukkan bilangan kedua:“;
 cin >> y;
 z = x + y;
 cout << ”Jadi hasil penjumlahannya adalah: ” << z;
 return 0;
}

Latihan dan Penyelesaian:
1. Buatlah program untuk menjumlahkan dan mengurangi dua buah bilangan!
   
    Penyelesaian:
            Listing program no 1
#include <iostream.h>
int main()
{
 int x, y, tambah, kurang;
 cout <<"Masukkan bilangan kesatu:";
 cin >> x;
 cout <<"Masukkan bilangan kedua:";
 cin >> y;
 tambah = x + y;
 kurang= x - y;
 cout << "Jadi hasil penjumlahan adalah: " <<tambah<<endl;
 cout << "Jadi hasil pengurangan adalah: " <<kurang<<endl;
 return 0;
}

2. Buatlah program untuk menghitung nilai mata uang dalam bentuk dollar, yen, dan peso.     Adapun inputannya adalah nilai rupiah, dengan ketentuan sebagai berikut:
Dollar = rupiah / 8500
Yen = rupiah / 4000
Peso = rupiah / 2500

Penyelesaian:
Listing program no 2
//Program menghitung mata uang
#include<iostream.h>
int main()
{
 int rupiah, dollar, yen, peso;
 cout<<”Masukkan nilai rupiah: “;
 cin>>rupiah;
 dollar = rupiah / 8500;
 yen = rupiah / 4000;
 peso = rupiah / 2500;
 cout<<”Nilai dollar adalah: “<<dollar<<endl;
 cout<<”Nilai yen adalah: “<<yen<<endl;
 cout<<”Nilai peso adalah: “<<peso<<endl;
 return 0;
}


Latihan:
1. Buatlah program yang hasil eksekusinya sebagai berikut:
.

2.  Apa yang terjadi jika program ini dijalankan!! Perbaikan kesalahannya dan Tuliskan hasil eksekusi dari program berikut:

#include <iostream.h>
int main()
{
  char y[30];
  char z[35];
//Menampilkan teks untuk informasi
cout <<"Masukkan NIM Anda:";
cin >> x;
cout <<"Masukkan Nama Anda:";
cin >> y;
cout <<"Masukkan Alamat Anda:";
cin >> z;
//Menampilkan nilai yang dimasukkan ke layar
cout << "NIM Anda adalah: " << x;
cout << "Nama Anda adalah: " << y;
cout << "Alamat Anda adalah: " << z;
return 0;
}

3.  Apa yang terjadi jika program ini dijalankan? Tulis errornya, dan perbaiki listing programnya!
#include <iostream.h>
int main()
{
 int x, y;
 cout <<"Masukkan bilangan kesatu:";
 cin >> x;
 cout <<"Masukkan bilangan kedua:";
 cin >> y;
 tambah = x + y;
 kurang = x - y;
 kali = x * y;
 bagi = x / y;
 cout << "Jadi hasil penjumlahan adalah: " << tambah<<endl;
 cout << “Jadi hasil pengurangan adalah: " << Kurang<<endl;
 cout << "Jadi hasil perkalian adalah: " << kali<<endl:
 cout << "Jadi hasil pembagian adalah: " << bagi<<endl;
 return 0;
}

http://www.itesaunggul2011.co.cc
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

2 Maret 2012 pukul 18.04

bagus gan #include
int main()
{
int x; dipakenya di mana gan apa di microsoft excel world powerpoin atau apa ???

27 Maret 2012 pukul 22.03

ini adalah bahasa pemograman gan...
ini di gunakan pada bahasa c++
untuk lebih lanjutnya silakan aja baca artikel2 tentang c++
thanks gan udah mampir di blog ajip

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. BELAJAR PEMOGRAMAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Fasilkom Universitas Esa Unggul