Selamat Datang Di Anak Jadul Ingin Pintar (AJIP)

Permulaan Sistem Basis Data

Minggu, 14 Oktober 20120 komentar


Sebelum masuk ke Sistem Basis Data, alangkah baiknya mengetahui arti dasar dari basis data dan sistem manajemen basis data, karena dengan mengetahui kedua unsur tersebut kita dapat secara mudah dalam mengenal Sistem Basis Data.

Secara umum Basis Data(Database) dapat didefinisikan sebagai kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya secara sistematik. Menurut wikipedia basis data bermula dari ilmu komputer, akan tetapi seiring berkembangnya ilmu, basis data kemudian artinya meluas. Dengan adanya basis data banyak sekali hal yang dapat diperoleh, antara lain ketepatan(akurasi), kecepatan, dan kemudahan dalam pengambilan informasi, selain itu juga dapat menghemat tempat penyimpanan. Sedangkan pengertian dari Sistem Manajemen Basis Data(SMBD) adalah suatu sistem atau software yang digunakan untuk memanajemen(mengatur,mengelola) basis data atas perintah user/pengguna. Contoh beberapa SMBD antara lain : Microsoft SQL Server 2000, Oracle Enterprise Edition, MySQL, PostGreSQL.

Setelah mengetahui dasar-dasar dari basis data dan system manajemen basis data, sekarang berlanjut ke Sistem Basis Data. Sistem Basis Data merupakan sistem yang bertugas memanajemen record-record menggunakan komputer dan untuk menyimpan maupun mengambil kembali informasi-informasi yang diperlukan oleh pemakai. Selain itu Sistem Basis Data juga bisa diartikan sebagai gabungan antara dua unsur, yaitu basis data dan sistem manajemen basis data. Berikut Komponen-komponen dalam sistem basis data :
1. Hardware(Perangkat Keras).
2. Operating System(Sistem Operasi).
3. Database(Basis Data).
4. Database Management System(Sistem Manajemen Basis Data).
5. User(Pemakai).
6. Aplication(Perangkat Lunak).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. BELAJAR PEMOGRAMAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Fasilkom Universitas Esa Unggul